Kamis, 09 Maret 2017

Jenis-Jenis Asuransi, Apa Saja?

Sebagai salah satu lembaga keuangan non bank, asuransi dikenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga. Definisi asuransi menurut web Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.
Istilah ini menggambarkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan untuk memberikan proteksi terhadap ancaman risiko. Pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada pihak perusahaan asuransi yang pada gilirannya menyetujui untuk memberikan kompensasi serta proteksi terhadap kerugian di masa depan yang mungkin menimpa pemegang polis dari perusahaan asuransi tersebut. Ketika pemegang polis atau peserta asuransi atau tertanggung mengalami musibah dan mendapat kerugian atau pun kerusakan yang tercantum dalam kontrak, tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi. Penerima asuransi ini tidak hanya tertanggung yang namanya tercantum sebagai pemegang polis dari perusahaan asuransi tetapi juga bisa orang lain yang ditunjuk langsung oleh tertanggung.
Asuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing.
Berikut jenis- jenis asuransi yang ada di Indonesia :

1. Asuransi Jiwa





Jenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Sebagai ilustrasinya, misalkan seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri. Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

2. Asuransi Kesehatan



Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan. Asuransi kesehatan juga dikenal bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga.

3. Asuransi Kendaraan



Asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia adalah jenis asuransi mobil yang fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. Asuransi ini juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.
Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi umum. Jenis asuransi satu ini sempat menjadi booming ketika terjadi kerusuhan Mei 1998 karena peristiwa tersebut membuat minat masyarakat terhadap kepemilikan proteksi untuk kendaraan pribadi meningkat secara drastis.
4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti
Sebagai aset yang dinilai cukup berharga, biasanya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan bilamana rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah seperti kebakaran.

5. Asuransi Pendidikan

Inilah asuransi yang paling populer dan menjadi favorit para pemegang polis. Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.
Memahami pentingnya penggunaan asuransi pendidikan untuk anak-anak kini menjadi sesuatu yang menjadi perhatian para orang tua. Tingginya biaya pendidikan dan kondisi lain yang memperburuk ekonomi seperti melemahnya mata uang kita terhadap dollar Amerika berpengaruh pada biaya pendidikan anak nantinya. Menyadari bahwa hal ini jelas akan memberatkan orang tua, maka tak jarang orang tua sekarang memilih untuk mempunyai asuransi pendidikan.
6. Asuransi Bisnis
Asuransi ini merupakan layanan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan. Perusahaan asuransi biasanya menawarkan berbagai macam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

7. Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:
a) Social Insurance (Jaminan Sosial).
Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Pembayaran premi dilakukan dengan paksa, salah satu contohnya dengan memotong gaji seseorang setiap bulan.
b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)
Asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Jenis asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaituGovernment Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin muncul akibat unexpected events.
8. Asuransi Kredit
Asuransi kredit merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan. Kredit merupakan pinjaman dalam bentuk uang yang diberikan bank maupun Lembaga Keuangan selaku pemberi kredit kepada nasabahnya. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan. Pengelola asuransi kredit di Indonesia dipercayakan pemerintah kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.
9. Asuransi Kelautan
Jenis asuransi satu ini khusus ada di bidang kelautan yang fungsinya memastikan pengangkut serta pemilik kargo. Resiko yang mungkin terjadi sehingga terbentuknya asuransi ini adalah kerusakan kargo, kerusakan kapal, dan melukai penumpang. Asuransi kelautan atau asuransi angkatan laut merupakan pengalihan resiko baik untuk diri Anda maupun bawaan Anda yang menggunakan jasa angkutan laut. Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, resiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.
10. Asuransi Perjalanan
Secara keseluruhan, fungsi asuransi perjalanan tak jauh beda dengan fungsi asuransi biasa sebagai salah satu bentuk proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Manfaat dan perlindungan yang akan didapat dari memiliki asuransi perjalanan antara lain mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak.

Sumber: https://www.cermati.com

Senin, 16 Januari 2012

15 Singkatan Teraneh Sepanjang Masa

Berikut ini adalah singkatan-singkatan teraneh sepanjang masa(versi gue) :

1. Masteng : Mas-mas tengik
Singkatan ini ditujukan bagi Mas-Mas kuli yang gayanya tengil,minta digaplok pake tongkat patkay

2. Macho : Mantan Chopet
Singkatan ini ditujukan bagi lelaki keker(ingan)yang dulunya suka nyopet

3. Jablay : Jarang Dibelay
Singkatan ini ditujukan bagi cewe" kesepian yg suka mangkal

4. Imut : Item Mutlak
Singkatan ini ditujukan bagi orang yang menganggap dirinya cute,padahal butek kaya kecebong negro

5. Dutabo : Dudukan tai kebo
Singkatan ini ditujukan bagi pria jawa yang merasa mirip Duta vokalis Sheila on7, padahal mah mukanya mirip jamban kebo

6. Antabur : Ancuran Tai Burung
Singkatan ini ditujukan bagi orang yang mukanya berantakan(akibat jerawat) atau apalah,sehingga menyerupai mencret burung

7. Kanker : Kantong Kering
Singkatan ini ditujukan bagi orang yang lagi bokek

8. Alay : Anak Layangan
Singkatan ini ditujukan bagi manusia paling kampungan

9. Jamet : Jawa Metal
Singkatan ini ditujukan bagi orang Jawa yang berdandan ala metal,tp lebih mirip kuli atw gembel

10. Maho : Manusia Homo
Singkatan ini ditujukan bagi manusia pecinta sesama jenis

11. TauMingTse : Taulong Mingkem Tsebentar
Singkatan ini ditujukan bagi orang yang congornya mengganggu lalu lintas pernapasan

12. Setia : Selingkuh Tiada Akhir
Singkatan ini ditujukan bagi orang yg punya byk simpanan, disini satu dsana satu

13. PMDK : Pdkt mulu,dapet kaga
Singkatan ini ditujukan bagi orang yg sok ngegebet incerannya tpi ga berhasil" malah bertepuk sebelah tangan

14. Belatung : Berak dicelana nyangkut dikantung
Singkatan ini ditujukan bagi orang yg sering berak dicelana,tp malah diumpetin dikantung celana(emg ada yaa)

15. Intelek : Intip Toket Lewat Ketek (Tangtop:ModeOn) :p
Singkatan ini ditujukan bagi para penjahat kelamin yg doyan liat to*et yg lg pake tangtop,(tak peduli to*et cewe atau lelaki) tpi ngintipnya lewat ketek.hehe

Menurutmu Ada lagi yang lebih aneh?

Follow Me on Twitter @whyprasetyo

Kamus Korean-Indonesian

Wow wow wow, abang oyt hadir kembali untuk meramaikan dunia blogging, kali ini mau nulis sesuatu karna terinspirasi dari demam Korea yang mewabah di Indonesia macam hadirnya K-POP, Korean Drama, sampe hadirnya Girband dan Boyband asal Indonesia yang Style-nya korea banget tapi muka kaya orang KROYA (mas-mas jawa) huehehe

Oke, sebagai anak yang gak mau ketinggalan trend, gue juga mau ikut ngebahas tentang Korean dong, ini yang gue dapet dengan bermodal kamus Indonesia-Korea ditambah kursus bahasa korea gue bareng SuJu yang hobi makan orang (SUJU: Sumanto Junior)

KAMUS KOREA-INDONESIA

Apa Kabar? = Anyong Aseo
Sampai Jumpa = Anyong
Kurang Ajar = Monyong
Tidak Lurus = Men Chong
Pria suka berdandan = Ben Chong
Tiba-tiba = She Khonyong
Mulut = Mon Chong
Sosis = Lap Chong
Suami dari kakaknya Papa = Ku Chong
Kiss me = Soon Dhong Yang
Sweet memory = Choo Pang Dhong
Mobil mogok = Dho Rong Dhong
Lapangan luas = Park King Lot
Pantat gatal-gatal = Che Bhok Dhong
Nasi dibungkus daun pisang = Lon Thong
Cowok Cakep Kaca Mata = Bae Yong Jun
Cowok Cakep Rambut Lurus = kim bum
Cowok Cakep Rambut Keriting = Ahn Jung Hwan
Bagian belakang = Bho Khong
Masih muda = bron dhong
Pantat gatal = Ga ruk dong
Telur asin = Ndok AChin
SENDOK GEDE = CEN THONG
CELANA SOBEK = BHO LONG
KEPALA BOTAK = KIN CLONG
LAGI MENYANYI = ME LO LHONG
ORANG HITAM = GOO SHONG
BIBIR UCUP =MO NYONG
BERBULU = GE RAN DHONG
JONGKOK DI PINGGIR KALI = BE OL DONG

Nah, itu dia sekedar pemahaman gue tentang bahasa Korea, kalo lo ke korea boleh kok buat dipraktekin, tapi resiko ditanggung sendiri yah! hahaha

Oke, sekedar postingan gue, pegel cuy.
Bye Bye

Follow my twitter @whyprasetyo

Beberapa Alesan penyebab Orang Merokok

Apa sih alesan orang merokok? Orang tua mah wajar aja kalo dia merokok, mungkin karena banyak fikiran umur tinggal sedikit.



Naah ironinya, ini anak muda calon penerus bangsa udah pada belajar ngerokok.
Gue pernah baca artikel kalo 80% laki-laki, dan 40% wanita di jakarta udah menjadi perokok aktif.hmm sungguh ironis (widih berat dah bahasa gue) haha

Setiap gue nongkrong sama temen" gue, (di dkt rumah, di pengajian, atau dikampus) mereka yang merokok pasti nawarin rokok. Mudah"an gue masih bisa ga terpengaruh sama tu rokok, ngirup asepnya aja bengek, apalagi ngisep. *kampungan

Kalo gue jd gubernur Dki Jakarta, gue ga akan ngelarang orang untuk ngerokok,tapi gue akan membuat peraturan tertulis yang kira" tulisannya seperti ini "Saya tidak melarang warga saya untuk merokok, tapi tolong abu dan asapnya juga ditelan" . Biar mabok genjer lu pade

Berikut Survey yang gue lakuin tentang Alasan Orang Merokok :

1. COBA-COBA
Nah alesan yang ini menurut gue yang paling masuk akal. Mereka (perokok baru) belajar coba-coba rokok karena ditawarin sama orang, nah karena nyobain terus enak, jadi ketagihan deh.
Gue jg pernah nyobain rokok kok, waktu itu gue msh kelas 2SD, dikasih rokok ama temen, eh langsung bengek" ga bisa napas, jd trauma deh ampe sekarang *jadicurhat

2. BIAR PEDE

Ini alesan aneh banget deh, pernah gue tanya salah satu temen gue.
"nyet, kenapa sih lo ngerokok?" . Dia jawab "biar pede yo,abs gue kurang pede sih, ni rokok obat pede gue".
Dan gue berkata "owh" (sambil nyengir kambing) dan berkata dalam hati : hahaha kasian banget lu ngeroko cuma biar pede, makanya punya muka ganteng dong kaya gue biar pede.*cuihh* Hahaa

3. BIAR JANTAN DAN "LAKI" BANGET

Gue pernah ditanya sama om gue, "yo lu ga ngeroko?" , "engga om",kata gue. Dan dia ketawa dan bilang "haha banci ah", haha gue ketawa balik. Dear om, coba deh yey pergi ke taman lawang, iris kuping eyke kalo ada banci yang GA ngerokok. haha om bego dasar. Yang ga ngeroko tuh bayi, dan saya lucu seperti bayi *ehm bayi tapir maksudnya
Tapi Bolehlah alesan ini cukup masuk akal, tapi kalo keseringan ngerokok dan si bejo 'burung' lo lemes ga bisa matok alias jadi impoten? Apa masih bisa dibilang untuk kejantanan? Hahaha pikir bang!

4. PENAMBAH TENAGA

Ini alesan aneh banget deh, masa ngerokok bisa nambah tenaga? Come on, be rasional. Kalo mau kuat tuh olah raga, minum jamu, atau minum extra BOSS (merubah jongos menjadi Boss).
Haha kalo inget nambah tenaga, jadi inget peribahasa ala kuli yang bangun rumah gue dulu.
Dia berfirman "wis mangan ora ngudut, jantung ora mompa,Modar!"
Yang berarti "abis makan engga ngeroko, jantung engga mompa,MATI!." Haaahah kocak kocak

5. Biar Gaul Mas Bro

Ini alesan hampir mirip sama alesan yang ke 2, yap biar dibilang gaul orang jadi demen ngerokok. Sepertinya rokok itu udah menjadi Style di kota-kota besar, sampe para wanita yang pengen dianggap gaul pada ngerokok, *tepok jidat*

Dan alesan ke 5,6,7 dst biar aja jadi alesann pribadi lo masing" kenapa ngerokok, yang pasti posting ini ga bermaksud bwt ngejudge buruk para perokok, namun pelajaran betapa besar dampak negatif dari rokok tersebut.
Oke bro,I'm cabut maaf-maaf kalo ada salah kata.
Assalam

Follow me on Twitter @whyprasetyo