Rabu, 04 Oktober 2017

APPLE: Inovasi Produk IT yang Mempengaruhi Dunia



Steve Jobs selalu percaya pada sebuah fakta sederhana: “segala sesuatu di sekitar Anda dibuat oleh orang-orang yang tidak lebih pintar daripada Anda, dan Anda dapat mengubahnya, Anda dapat memengaruhinya, dan Anda dapat membangun sesuatu milik Anda sendiri yang Anda bisa digunakan oleh orang-orang.”
Setiap orang pasti memiliki kepercayaannya masing-masing, namun apa yang menjadi perbedaan antara Jobs dengan orang-orang lainnya adalah Jobs menjalani apa yang dia percayai setiap harinya. Ketika semua perusahaan teknologi sibuk mengembangkan produk-produknya, Apple berangkat untuk mengubah dunia dengan komputer inovatif dangadget yang lain.
Poduk-produk Apple telah merevolusi cara kita bekerja, bermain dan mendengarkan musik. Seperti apa? Berikut ini adalah 10 inovasi Apple yang mengubah dunia :
1.The Apple-1

Komputer ini memang tidak terjual dalam jumlah yang banyak. Namun pada tahun 1976, Apple-1 adalah komputer modern pertama karena telah memahami istilah coding. Sebelum Apple-1 datang, komputer adalah sesuatu yang dijual dalam bentuk terpisah, bukan sebagai mesin yang dirakit. Komputer-komputer tersebut menggunakan switcherdan lampu, sedangkan Apple-1 sudah menggunakan keyboard dan monitor untuk datainput dan output-nya.
2. iMac
iMac menjadi sesuatu yang signifikan karena tiga hal penting; (1) iMac adalah komputer pertama yang tidak menggunakan PC, (2) Steve Jobs menghilangkan fitur floppy disk atau disket, dan (3) iMac adalah computer pertama yang membawa kemudahan bagi netizen untuk berselancar ria dalam dunia internet.
3. iPhone
Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone pada 2007, ia memperkenalkan iPhone dengan istilah “sebuah iPod, sebuah telepon, sebuah internet komunikator dan ada dalam satu alat. Kita menyebutnya iPhone.” Seketika iPhone menjadi sangat populer dan memiliki pengaruh yang mendasar, baik dalam merubah kebiasaan konsumen maupun persaingan industri. Setelah kehadiran iPhone, semua smartphone bekerja dan memiliki sistem yang menyerupai iPhone.
4. iPod + iTunes
iPod membuat musik digital menjadi hal yang “biasa” bagi kita sekarang. Yang membuat iPod begitu fenomenal ketika pertama kali muncul pada tahun 2001 adalah integrasinya dengan iTunes yang membuat transfer musik menjadi begitu mudah dan fitur-fitur seperticopy protection, album artwork, dan photoviewer membuat iPod berhasil menjadi MP3 Player fenomenal di awal 2000-an.
5. GUI (Graphical User Interface)
Graphical user interface atau biasa disingkat dengan GUI adalah perubahan drastis yang dilakukan Apple dalam dunia komputer. Ketika dulu orang-orang masih menghafalkan tombol sebagai shortcut membuat aplikasi, lalu Apple hadir dengan sebuah mouse yang mampu membuka dan memindahkan aplikasi hanya dengan sebuah “klik.” Sebenarnya bukanlah Apple yang membuat benda bernama mouse ini. Beberapa dari sistem GUI ini dibuat oleh Xerox yang diinvestasikan dalam perusahaan Apple dan akhirnya dikomersialkan oleh Apple pada tahun 1983. Bagaimanapun, GUI milik Apple ini berhasil membawa seni ke dalam bentuk digital yang akhirnya memunculkan program-program seperti PageMaker dan Photoshop yang lagi-lagi membawa perubahan dalam industri terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar