Kamis, 03 Maret 2011

Susahnya Bikin PI aka Skripsi

Waduh ga kerasa kuliah gue udah memasuki semester akhir alias sudah hampir selesai, ya itu karena gue ambil jenjang D3. "Loh kok kenapa D3? kenapa ga langsung S1 aja?" wah kalo pertanyaan itu sulit juga dijawab, soalnya kata Kampus gue Dulu, "Mas Wahyu dulu waktu SMA ambil jurusan apa?" tanya panitia penerimaan mahasiswa baru, "Saya ambil IPS mba waktu SMA" kata gue. "O Tida Bisaa langsung S1 kalau begitu, kalau dari IPS mau kuliah ambil jurusan Teknologi berarti Mas Wahyu harus D3 dulu , kalau sudah lulus baru bisa ekstension ke S1" kata Panitia Penerimaan Mahasiswa baru waktu itu , yaudah mau ga mau gue terima deh kuliah di jenjang D3 dulu, disamping karena gue dapet Beasiswa, trus kalo lulus kuliah nanti bisa meniti karir dulu.

Dan ternyata jenjang kuliah D3 yang cuma 3tahun berasa sangat cepet banget berjalan, dan sekarang udah berada di ujung tanduk alias di akhir semester, dimana setiap Mahasiswa wajib membuat Tugas Akhir yang bernama Penulisan Ilmiah atau PI (Semacam skripsi kalo di S1), waduh Pusing mau bikin tema PI apa??? Secara gue ga jago-jago banget ngebuat program komputer, ga mahir pake Flash, ga pinter nyusun makalah, waduh pusing tenan iki. -_-

Setiap mahasiswa di kampus gue ngedapetin Dosen Pembimbing, apa sih Dosen Pembimbing? Gunanya untuk membimbing dan mengarahkan PI yang kita buat nanti agar ga keluar dari 'jalur' atau standar yang ditetapkan kampus, istilah kasarnya sebagai pengkoreksi lah.

Nah, saat pertama gue konsultasi sama Dosen Pembimbing, gue mengajukan "Pembuatan Aplikasi Game pada Handphone", tapi kata dosen gue "itu temanya gimana? Apakah saat kita menang di suatu level akan ketemu dgn level selanjutnya? atau abis kita maenin sekali aja langsung tamat? kan ga seru banget kalo begitu!" kata dosen pembimbing.
Waduh iya juga ya, masa iya nanti gue bikin game hape berjudul "Si Tyo yang mencari anak Kambingnya", masa cara mainnya cuma jalan-jalan trus pas udah ketemu kambingnya tuh game langsung tamat alias The End, kan cacat banget! hahaha

Makanya gue disuruh bikin tema yang lain yang istilahnya lebih sederhana namun bermakna uintuk orang lain, Oke gue fikir gimana kalo gue bikin aplikasi Flash untuk Anak-anak tentang Budaya Indonesia? Secara anak-anak sekarang telah terinfiltrasi sama kebudayaan, film, atau lagu-lagu dari luar negeri yang ga cocok untuk mereka konsumsi, dengan begitu sasaran gue jelas dan bisa mengembangkan pengetahuan anak-anak terhadap kebudayaan Asli Indonesia. TOP MARKOTOP :))

Cuma permasalahannya, gue ga bisa bikin animasi pake FLASH! Gubrakkk, kata dosen Pembimbing, gue harus mencari inspirasi dan revisi dari Internet, dari toko buku yang biasanya ngejual aplikasi Flash Pembelajaran untuk anak dan sering-sering membaca buku, gila yah Dosen Pembimbing gue baik banget orangnya, well well udah dapet nih sedikit pencerahan, semoga Penulisan Ilmiah gue nanti berjalan dengan lancar, lulus tepat waktu dan Penderitaan gue sebagai Mahasiswa Segera berakhir, amiin :)

Oke sedikit curhatan gue yang sebetulnya ga layak baca ini bisa menginspirasi Para Mahasiswa di Indonesia, Hidup Mahasiswa!! Hidup Mahasisw!! *mulai autis*

Don't Forget to Follow Me at Twitter @WhyPrasetyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar